Apakah Anda suka cumi olahan? Yah, itu bukan penggemar cumi-cumi jika Anda tidak tahu berbagai jenis cumi dan hidangan olahan yang tepat, kan? Jadi mari kita bahas 5 jenis cumi-cumi, yang umum dalam masakan Indonesia.
Bangka gurita
Cumi identik dengan tubuh putih dan banyak bercak merah. Nah, cumi-cumi ini adalah yang paling merah dari cumi-cumi lainnya. Selain itu, gurita, yang umum di Pulau Bangka, lebih panjang dari spesies lain. Itu adalah antara 20 dan 30 cm.

Gurita memiliki daging yang tebal dan sirip yang cukup lebar. Biasanya, spesies cumi-cumi ini dapat dibakar, dikeraskan, dan dipotong. Prosesnya ditumis atau dicampur dengan sup, kari, kering (Juhi) atau kerupuk Kemplang (cumi).

Sero cumi
Cumi sero terlihat rata dan lebih pendek dari gurita bangka, yaitu sekitar 10-15 cm. Tubuhnya biasanya berwarna putih dengan beberapa bintik merah. Ada dua jenis cumi sero segar, yaitu ukuran kecil dan sedang. Sotong kecil sero biasanya dikeringkan atau dimasak utuh dalam wajan atau sayuran. Sementara itu, cumi sero ukuran sedang biasanya dipotong kecil untuk memanggang tepung, tumis atau campuran sup.

Gurita telur
Cumi-cumi telur memiliki penampilan yang sangat mirip dengan cumi sero. Namun, masih ada perbedaan yang terlihat, yaitu bagian telur yang lebih besar atau melengkung. Ini juga tersedia dalam ukuran kecil atau di pasar. Cumi spesial biasanya diolah menjadi hidangan tumis, dibuat menjadi cumi kering, asin atau cumi bakar, sering di meja restoran ikan.

Cumi asin kering
Ini antara lain yang terkecil, bertekstur asin dan kering. Cumi asin pada dasarnya adalah cumi sero atau cumi telur yang lebih kecil, kering dan asin. Cumi asin memang yang paling tahan lama dari cumi-cumi lainnya, diberi garam sebagai pengawet alami.

Cumi-cumi adalah jenis makanan laut yang sering dicurigai cumi-cumi. Sebenarnya, cumi-cumi ini berbeda jenis. Sepintas cumi tidak jauh berbeda dengan cumi, tetapi bukan berarti cumi itu tidak bisa dibedakan. Bentuk cumi-cumi itu lebih rata, lebih lebar dan menyerupai perisai.

Nah, yang paling unik, gurita ini bisa berubah warna. Terkadang terlihat kuning atau coklat saat dijual. Sotong dapat dimasak, diiris dan ditumis, disiapkan dalam campuran sup atau digoreng dalam camilan khas Taiwan.